Dalil Tak Terbukti, Permohonan PHPU PBB Dapil SBT 1 dan 3 Tidak Dapat Diterima

oleh -183 views

Porostimur.com, Jakarta – Ketidaksesuaian antara alasan yang dimohonkan dalam permohonan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagaimana diatur dalam Pasal 75 UU MK dan Pasal 11 ayat (2) PMK 2/2023, berakibat pada tidak terpenuhinya syarat formil PHPU sehingga permohonan dinyatakan kabur atau tidak jelas.

Demikian pertimbangan hukum Mahkamah yang dibacakan Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur dalam Sidang Pengucapan Putusan Nomor 259-01-13-31/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (PHPU DPR dan DPRD) Tahun 2024 yang diajukan oleh PBB, pada Selasa (21/5/2024).

Lebih lanjut Mahkamah menyebutkan untuk daerah pemilihan (dapil) Seram Bagian Timur 1 ditemukan ketidakpaduan antara besarnya perbedaan perolehan suara yang didalilkan Pemohon yakni sebesar 1.063 suara dengan uraian kehilangan suara pada dua TPS.

Baca Juga  Bermain di Film Lafran, Lala Karmela Sebut Banyak Dibantu Dimas Anggara

Dalam penalaran yang wajar, sambung Ridwan, pergeseran perolehan suara tersebut tidak cukup untuk mencapai jumlah suara yang didalilkan pada awal permohonan Pemohon. Oleh sebab itu, menurut Mahkamah berkenaan dengan dalil atas perselisihan perolehan suara di Dapil Seram Bagian Timur 1 tersebut permohonan tidak jelas.

No More Posts Available.

No more pages to load.