Doa Sapu Jagat, Doa yang Tak Pernah Ditinggalkan Rasulullah SAW

oleh -50 views

Doa sapu jagat merupakan doa yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Doa ini dianjurkan pula agar kaum muslimin mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena besarnya fadhillah dari doa tersebut.

Dalam Islam, berdoa adalah momentum seorang hamba bisa berkomunikasi langsung dengan sang Pencipta, Allah ‘Azza wa Jalla. Doa ditujukan untuk memohon dan meminta segala sesuatu yang baik. Mulai dari rezeki, kesehatan, sampai keselamatan di dunia dan akhirat.

Berdoa juga salah satu cara untuk meraih kebahagiaan karena ia termasuk intisari ibadah. Tak hanya bagian dari ibadah, berdoa merupakan wujud rasa syukur atas limpahan nikmat Allah. Jika ada yang menganggap aktivitas berdoa adalah sesuatu yang sia-sia maka ia termasuk orang yang berputus asa dari rahmat Allah.

Baca Juga  Ketua Bawaslu Maluku Ikuti Coklit, KPU Kota Ambon Klaim Data Capai 99,34 Persen

Mungkin di antara kaum muslimin ada yang menyebut “Sudahlah, Allah Maha Tahu apa keinginan hamba-Nya”. Sehingga ketika berdoa ia tergesa-gesa, tidak sabaran, atau bahkan meninggalkan doa.

Allah berfirman di dalam Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 201:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (Al-Baqarah 2: 201)

No More Posts Available.

No more pages to load.