Hadang Isu Dugaan Korupsi, Sadali Ie Pasang IKB-SBT Jadi Bemper

oleh -156 views
Masyarakat SBT menyampaikan sikap dalam konferensi pers yang berlangsung di Ashari Alfatah Ambon, Rabu (6/12/2023).

Porostimur.com, Ambon – Sejumlah elemen di Maluku, belakangan ini gencar menyuarakan kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie. Mereka bahkan rutin melakukan aksi unjuk rasa di Kota Ambon maupun di gedung KPK di Kuningan Jakarta.

Kasus yang disebut-sebut memiliki kaitan dengan Sadali adalah perkara dugaan tindak Pidana Korupsi Penyalahgunaan Anggaran Tanggap Darurat Covid-19 Provinsi Maluku dan Proyek Reboisasi Dinas Kehutanan Provinsi Maluku.

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku pun pada Jumat (1/12/2023) lalu, memastikan akan memanggil Sadali le untuk dimintai keterangan terkait dua kasus tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam audience antara pihak  Kejaksaan Tinggi Maluku yang diwakili Kasi C Bidang Intelijen Aizit P. Latuconsina, S.H.,M.H, Kasi E Bidang Intelijen Hasan Tahir, S.H.,M.H dan Kasi Penyidikan Pidsus Ye Oceng Almahdaly, S.H.,M.H, dengan perwakilan Aliansi Mahasiswa Anti Korupsi, di ruang tunggu Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku.

“Untuk mengungkap kedua perkara tersebut, semua pihak yang terkait akan dimintai keterangan oleh Jaksa Penyelidik, termasuk Sekda Provinsi Maluku apabila keterangannya diperlukan sebagai alat bukti,” kata Kasi Penyidikan Pidsus, Ye Oceng Almahdaly, S.H.,M.H.

Sadali rupanya tidak tinggal diam. Upaya perlawanan dilakukan oleh Sekda Provinsi Maluku itu dengan memakai tangan paguyuban bernama Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur (IKB-SBT).

Tidak tanggung-tanggung. Ratusan orang dihadirkan dalam konferensi pers di Gedung Azari, komplek Masjid Raya Al-Fatah, Ambon, Rabu (6/12/2023).

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan Abdul Manan Rahawarin menyebutkan isu dugaan korupsi yang ditudingkan kepada mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku itu tidak benar alias hoax.

Mereka meminta seluruh pihak agar tidak melakukan aksi, gerakan maupun tindakan provokatif dengan menyebarkan informasi hoax, fitnah dan pencemaran nama baik yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban jelang Pemilu 2024 di Maluku.

Baca Juga  Usai Bertarung di Pileg, Para Wakil Rakyat di DPRD Maluku Siap Bahas Tiga Agenda Penting

“Kami dengan tegas menolak kelompok-kelompok terorganisir yang melakukan aksi demonstrasi dan menuduh Sadali Ie melakukan tindakan korupsi yang kami anggap tidak sesuai dengan fakta dan data,” tegas Manan di Ashari Alfatah, Rabu (6/12/2023).

Mereka juga mengutuk dengan tegas dan keras kelompok-kelompok yang melakukan demonstrasi di KPK RI Jakarta dan Kejati Maluku serta berbagai aksi lain melalui media yang menuduh Sadali Ie melakukan tindakan korupsi dana Covid-19 dan dana reboisasi pada Dinas Kehutanan Provinsi Maluku tanpa didasari dengan bukti yang jelas.

“Kami meminta kepada pihak yang berwenang untuk segera melakukan penindakan terhadap pelaku demonstrasi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, hal ini merupakan perbuatan yang tidak menyenangkan,” terangnya.

Baca Juga  10 Caleg Suara Terbanyak se-Indonesia Saat ini, Hillarry Lasut Juara 3

IKB SBT menyerukan kepada pihak manapun dan siapapun yang mencoba dengan sengaja ataupun tidak sengaja melakukan pencemaran nama baik, penyebaran informasi palsu, fitnah, ujaran kebencian dan Perbuatan tidak menyenangkan kepada Sekda Maluku, maka akan disikapi dengan langkah-langkah tegas dan keras.

Pihaknya meminta aparat penegak hukum untuk mengambil langkah-langkah hukum terhadap kelompok yang mencoba melakukan upaya-upaya pencemaran nama baik, menyebarkan informasi palsu, fitnah, ujaran kebencian, dan perbuatan tidak menyenangkan kepada Sadali Ie sebagai putra SBT.

“Kami keluarga besar masyarakat SBT mendukung aparat penegak hukum untuk bersama sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di bumi raja-raja,” tegasnya. (Tim)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.