Kuasa Hukum Justina Renyaan Minta Bawaslu Maluku Gelar Pemeriksaan Setempat

oleh -84 views

Porostimur.com, Ambon – Calon anggota DPRD Provinsi Maluku Justina Renyaan, melalui kuasa hukumnya Bonifasius Falakhi meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, menggelar pemeriksaan setempat dengan mendatangi 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada lima desa di Kecamatan Tayando Tam, Kota Tual, Provinsi Maluku. 

Permintaan ini disampaikan Bonifasius mengingat adanya perbedaan hasil perolehan suara milik Celeg Justina Renjaan dan M. Fauzan Rahawarin pada Pileg 14 Februari 2024 lalu. Yang mana, suara Justina Renjaan pada C hasil salinan per TPS sebanyak 11 suara. Namun pada hasil pleno rekapitulasi tingkat PPK, hanya terdapat 1 suara.  

Perolehan suara milik Justina diduga terindikasi pindah ke rekannya yang juga Caleg DPRD Provinsi Maluku dari Partai NasDem nomor urut dua atas nama Muhammad Fauzan Rahawarin. 

Baca Juga  Polda Metro Jaya Rehabilitasi 3 ASN Maluku Utara Pemakai Sabu

Perolehan suara Rahawarin sendiri 171 suara sesuai C hasil salinan, tapi hasil rekapitulasi di tingkat PPK naik menjadi 807 suara. Dengan begitu, ada dugaan pergeseran dan penggelembungan suara ke Caleg bersangkutan sebanyak 636 suara. 

“Bukti yang benar adalah yang berasal dari paling bawah yaitu tingkat KPPS. Nah, kami minta Bawaslu melakukan pemeriksan setempat dengan harapan dapat terjun ke Kecamatan Tayando Tam untuk periksa C hasil pada 22 TPS disana,” kata Bonifasius didampingi kuasa hukum lainnya, Hendrik Renyaan kepada wartawan di Ambon, Selasa (26/3/2024)  

No More Posts Available.

No more pages to load.