Perwakilan BI Maluku Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Perwakilan Bank Indonesia Cabang Maluku menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) yang hasilnya menjadi referensi dan acuan kebutuhan berbagai kebijakan maupun keputusan bisnis ke depan.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan rutin menjelang akhir tahun yang digelar Rabu (30/11/2022),di Hotel Santika, Ambon, ini mengambil tema Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Jebangkitan Menuju Indonesia Maju.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie, Penjabat Wali Kota Ambon, Forkopimda, dan Perwakilan Bank di Maluku.

“Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) merupakan puncak high level event Bank Indonesia yang telah diselenggarakan secara rutin sejak tahun 1969,” kata Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Lukman Hakim di sela-sela acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022.

Menurutnya, agenda utama PTBI adalah penyampaian pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi dan arah kebijakan Bank Indonesia ke depan, serta penyampaian arahan Presiden Republik Indonesia mengenai kebijakan Pemerintah ke depan.

Pandangan dan arahan tersebut, lanjut Hakim, sangat ditunggu oleh para pemangku kepentingan dan akan menjadi referensi, khususnya bagi pelaku industri, investor dan kalangan dunia usaha dalam menentukan berbagai kebijakan maupun keputusan bisnis ke depan.

“Dinamika perekonomian nasional sepanjang 2022 terus menunjukkan perbaikan meski disertai berbagai tantangan,” kata Hakim.

Dijelaskan lagi, berlanjutnya perbaikan ekonomi domestik tidak terlepas dari respons sinergi kebijakan yang kuat antara Pemerintah, Bank Indonesia dan otoritas terkait. 

Sebab, bauran kebijakan nasional yang ditempuh untuk memitigasi dampak pandemi Covid-19 dan berbagai tantangan yang mengemuka telah mendorong optimisme bagi akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Maluku sejak tahun 2022 banyak melakukan kegiatan yang meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masyarakat,’ jelas Hakim. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News