Politisi NasDem Minta Bawaslu Kepulauan Sula Panggil Umar Umabaihi

oleh -170 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Partai NasDem Kepulauan Sula meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memanggil Asisten I Setda Kepulauan Sula, Umar Umabaihi.

Ketua Bappilu DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kepulauan Sula, Damrin Panigfat kepada wartawan menyatakan, Umar yang saat ini menjabat sebagai Asisten I diduga telah memanfaatkan jabatannya untuk mempolitisasi bantuan yang disalurkan.

Pasalnya belakangan ini, Umar nampak rajin turun membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga terdampak Covid-19.

Umar sendiri diketahui sebagai Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati mendampingi Calon Bupati (Cabup) Hendrata Thes pada Pilkada 9 Desember mendatang.

Link Banner

”Bawaslu sudah harus memanggil Umar Umabaihi, karena diduga telah mempolitisasi bantuan sosial untuk kepentingan politik,” ungkapnya.

Baca Juga  Kepala BNBP Pastikan Tambah Alat Deteksi Dini Tsunami

Damrin menjelaskan, dari aspek etika politik maupun birokrasi sangat tidak etis, karena Umar saat ini sebagai calon wakil bupati yang akan mendampingi calon bupati petahana.

Menurut Damrin, dengan posisinya itu, patut diduga Umar memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan politik.

”Sekalipun belum ditetapkan sebagai calon wakil bupati secara resmi di KPU, tapi sudah ada Parpol yang memberikan rekomendasi Paslon Hendrata Thes-Umar Umabaihi,” cetusnya.

Politisi NasDem Kepulauan Sula ini menegaskan, etisnya Bupati Hendrata Thes sudah harus melepaskan Umar dari jabatannya selaku Asisten I, sehingga tidak lagi menggunakan jabatan untuk kepentingan politik.

”Jadi kami meminta Bawaslu segera memanggil sekaligus memberikan teguran kepada Umar Umabaihi dan bila perlu Bawaslu menyurat kepada bupati untuk segera memberhentikan Umar dari jabatanny,” pungkas Panigfat. (ash)