Inilah Seni Baru Menikmati Musik di Masa Pandemi

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Pada situasi pandemi, menikmati musik secara langsung menjadi hal yang sulit, nyaris langka. Bagaimana tidak? Koalisi Seni Indonesia memaparkan data, terdapat sekitar 40 konser, tur, serta festival musik yang dibatalkan atau ditunda karena pandemi.

Pun demikian, seiring berjalannya waktu rupanya musisi dan pecinta musik menemukan seni baru agar tetap bisa berkarya dan menikmati karya.

Musisi senior dan juga vokalis band Gigi, Armand Maulana mengatakan, para musisi saat ini sudah mulai bergerak untuk beradaptasi. Salah satu caranya dengan menggelar konser virtual dan kolaborasi dengan platform digital.

Menurut pelantun lagu Kepastian yang Ku Tunggu ini, platform digital menjadi sarana baru yang banyak digunakan musisi untuk terhubung dengan para penikmat musiknya, sekaligus menjadi saluran bagi mereka untuk berkarya.

Link Banner

“Kita, saya, dan teman-teman musisi lainnya, harus beradaptasi agar industri musik ini tetap bisa berjalan, tetapi dengan menaati protokol yang harus dijalankan. Inovasi menjadi suatu keharusan saat ini,” ungkap Armand dalam diskusi “Inovasi Dunia Pertunjukan Musik di New Normal”, pada Kamis (9/7/2020) lalu.

Baca Juga  Triwulan I 2018, perekonomian Maluku sesuai PDRB capai 10 trilyun

Dalam kesempatan yang sama pengamat musik, Bens Leo pun menambahkan bahwa digitalisasi dan inovasi menjadi suatu keharusan yang dialami oleh industri musik dan juga pertunjukan musik.

“Pandemi ini, di sisi lain juga menghasilkan banyak inovasi baru, seperti konser musik virtual Konser 7 Ruang yang dimeriahkan banyak penyanyi ternama, ada juga lagu Lathi dari grup Weird Genius yang diproduksi di tengah pandemi,dan mendapatkan banyak views di platform digital. Justru di tengah kondisi ini para pemain industri musik semakin tertantang untuk lebih kreatif dan inovatif,” tutur Bens Leo.

Dipaparkan, menurut data Digital Report 2020 dari Hootsuite, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17%. Konsumsi internet pun meningkat selama pandemi, jika melihat dari data beberapa penyedia layanan telekomunikasi.

Baca Juga  Polsek Kota Masohi Amankan Tiga Bandar Togel

Dari jumlah 175,4 juta pengguna internet di Indonesia, terdapat lebih dari 80% yang melakukan streaming musik, dan 99% yang menonton konten video online. Merujuk pada data ini, kolaborasi antara industri musik dan platform digital pun terasa semakin lumrah.

Diwawancarai di kesempatan terpisah, musisi Anto Hoed berpendapat, bahwa pergelaran daring ini hanyalah sebuah alternatif di masa sulit ini. Artinya, pergelaran musik secara langsung memang tidak akan terganti. (red/beritasatu)