Profil Claudia Sheinbaum, Wanita Pertama Pemenang Pemilihan Presiden di Meksiko

oleh -10 views
Claudia Sheinbaum. (Twitter.com/@Claudiashein)

Porostimur.com, Mexico City – Claudia Sheinbaum memenangkan pemilu di Meksiko pada Minggu (2/6/2024). Ia adalah wanita pertama yang menjadi presiden Meksiko.

Sheinbaum adalah mantan wali kota Kota Meksiko dan seorang ilmuwan yang memiliki pengalaman luas baik di bidang sains dan politik. Wanita berusia 61 tahun itu juga berterima kasih kepada saingan utamanya dari oposisi, Xochiti Galvez yang sudah mengakui kekalahan.

Menurut hasil resmi awal dari National Electoral Institute, Sheinbaum memenangkan sekitar 58% suara mengalahkan Xochitl Galvez dan Jorge Alvarwez Maynez. Bagaimanakah sosok Claudia Sheinbaum? Berikut ini profilnya.

Profil Claudia Sheinbaum
Claudia Sheinbaum Pardo lahir di Kota Meksiko pada 24 Juni 1962. Ia adalah putri kedua dari keluarga ilmuwan. Ayahnya merupakan seorang ahli kimia benama Carlos dan ibunya adalah seorang ahli biologi bernama Annie. Keduanya terlibat dalam gerakan mahasiswa Meksiko pada 1968.

Baca Juga  Gila! Indofarma Punya Utang Pinjol Rp1,26 Miliar

Sheinbaum menikah dengan analis risiko keuangan Jesús María Tarriba Unger, pada November 2023. Ia sebelumnya menikah dengan politisi dan akademisi, Carlos Imaz Gispert dari 1987 hingga 2016. Mereka memiliki seorang putri yang lahir pada 1988.

Sheinbaum pernah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Sains dan Humaniora (CCH), Plantel Sur. Ia kemudian belajar Fisika di Fakultas Sains dan Universitas Otonomi Nasional Meksiko dan lulus pada 1989. Ia memperoleh gelar master di bidang teknik energi dari National Autonomous University of Mexico (UNAM).

No More Posts Available.

No more pages to load.