Rektor Unpatti Buka MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas

oleh -98 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Universitas Pattimura Ambon, kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2021, yang berlangsung dari tanggal 24 – 25 November 2021.

Kegiatan yang digelar di ruang aula rektorat lantai II, Rabu (24/11/2021) ini, dihadiri Rektor, Wakil Rektor I bidang Akademik , Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Senat, para Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dewan Juri dan peserta lomba MTQ sebanyak 121 orang dari 9 Fakultas.

MTQ ini berlangsung dengan mengusung tema “Membangun Generasi Qur’ani yang Menjunjung Tinggi Moderasi Beragama di Kampus Orang Basudara”.

Ketua Panitia Dr. Yunus Rahawarin, M.Ag, mengatakan, pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun ini diikuti oleh 9 Fakultas dengan jumlah peserta sebanyak 121 orang, dan ini baru pernah terjadi di Universitas Pattimura, pelaksaan MTQ dengan peserta yang begitu banyak.

Rahawarin menerangkan, dari 121 peserta itu diikutkan pada 8 tangkai lomba, diantaranya Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Nuzul Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khat Qur’an, Debat Ilmiah Alqur’an dalam Bahasa Inggris dan Karya Tulis Ilmiah Alqur’an.

Baca Juga  Kades Auponhia dan Dirut CV Sula Maju Jaya Diduga Sekongkol Tipu Warga

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH, M.Hum, dalam sambutan pembukanya mengatakan, jika kita ingin juara pada tingkat nasional, kegiatan seperti ini harus sering-sering kita lakukan, karena dari situ kita bisa dapatkan orang-orang terbaik.

“Dari 8 tangkai lomba itu, semestinya kita harus seleksi mana yang punya kemampuan lebih sehingga kita tidak fokus untuk kedelapan itu, mungkin ada 6 atau 5 yang diutus ke tingkat nasional, kita bisa maksimal,” ujar pimpinan universitas itu.

“Jika belum ada waktu dan tempat yang pasti di Tahun 2022, di awal Tahun 2022 kita harus berlomba kembali untuk mengecek kemampuan anak-anak kita dari 121 orang itu bisa turun menjadi 60 orang, hingga dari 60 itu bisa keluar sebagai juara, jika tidak kita akan tetap ikut sebagai peserta saja tetapi tidak ada target,” imbuhnya.

Baca Juga  Menteri PPPA Canangkan Sekolah Ramah Anak di Kepulauan Tanimbar

Di akhir sambutannya, Sapteno berharap, para dewan hakim harus adil dalam menilai tanpa harus melihat latar belakang peserta, namun melihat berdasarkan pemahamanya pada kandungan al qur’an dan pada akhirnya dia akan pergi membawa nama universitas.

Lelaki kelahiran 1960 itu, dengan resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2021, di damping oleh Wakil Rektor III dan Ketua Panitia MTQ Mahasiswa Unpatti 2021. (akib)

No More Posts Available.

No more pages to load.