Total 12 Ribu Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Maluku

oleh -95 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut total 12.137 unit rumah rusak berat akibat gempa yang terjadi di sekitar Maluku sejak 26 September lalu.

Sepanjang sebulan terakhir, wilayah Maluku juga diguncang ribuan gempa susulan yang membuat warga masih bertahan di pengungsian.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo menyebut, total rumah rusak itu terdiri dari 2.712 unit rusak berat, 3.317 rusak sedang, dan 6.108 rusak ringan, serta 730 unit lainnya yang rusak adalah fasilitas umum dan fasilitas sosial.

“Data dampak gempa bumi Provinsi Maluku ini update pada 28 Oktober per pukul 13.00 WIB,” kata Agus dalam siaran pers, Selasa (29/10).

Selain kerusakan rumah warga dan fasum-fasos, BNPB juga mencatat, gempa bumi mengakibatkan 41 orang meninggal dunia, 228 orang luka-luka, dan 103.301 warga mengungsi.

Baca Juga  Tim Gabungan TNI/Polri Sterilisasi Rumah Ibadah di Kota Ambon

“Ada dua jenis pengungsi. Pertama pengungsi yang terdampak langsung (rumah rusak), dan pengungsi yang trauma atau tidak berani tidur di rumah,” ujarnya.

Merespons bencana ini, BNPB sendiri sudah memberi bantuan dana Rp6,5 miliar kepada Pemprov, Pemkab, Pemkot, hingga TNI untuk operasi pemenuhan keperluan dan kebutuhan dasar pengungsi.

“Pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi dilakukan oleh semua pihak, termasuk TNI/Polri dan dikoordinir oleh Pemda,” ujar Agus. (red/rtl)