Abrakadabra David Alaba, Bikin Austria Menyala-nyala

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jika menerka siapa ‘jimat’ Timnas Austria di Euro 2020, mungkin David Alaba jadi jawaban yang paling tepat. Bek serba bisa 28 tahun itu tak henti-hentinya menyuplai inspirasi hingga semangat tim berjuluk The Boys tetap menyala-nyala.

Kehadiran Alaba yang bisa dimainkan di posisi bek tengah, bek sayap, gelandang, atau winger itu layaknya mantra sulap ‘Abrakadabra’. Alaba hadir, Austria pun tampil meyakinkan.

Aksi Alaba kembali memberi tuah positif bagi Austria saat memainkan laga hidup mati kontra Ukraina, Selasa (22/6/2021) dini hari WIT.

Dalam matchday pamungkas Grup C Euro 2020 itu, Austria menang 1-0 atas Ukraina dan Alaba pada prosesnya jadi metronom sekaligus arsitek dari terciptanya gol kemenangan yang dicetak Christoph Baumgartner pada menit ke-21.

Berbeda dari dua matchday sebelumnya, pelatih Franco Foda memutuskan untuk bermain dengan skeman empat bek di mana dia menempatkan David Alaba sebagai bek kiri alih-alih di posisi yang lebih dalam.

Baca Juga  De Boer Akui Performa Buruk Lini Depan Belanda Vs Ceko

Meski menduduki pos bek kiri, Alaba pada praktiknya lebih seperti pemain sayap dengan terus-menerus menyerang ke depan dan mengirimkan umpan silang berbahaya lewat kedua kakinya.

Dia sendiri menciptakan empat peluang pada babak pertama dan karena umpan sempurnanya dari sepak pojok yang membuat Christoph Baumgartner mencetak gol kemenangan.

Alaba telah memenangkan banyak trofi turnamen besar bersama Bayern Munchen, termasuk 10 gelar Bundesliga dan dua mahkota Liga Champions, tetapi dia masih akan merayakan keberhasilan membawa negaranya ke fase gugur Euro untuk pertama kalinya.

“Itu tujuan besar kami dan kami senang sudah merengkuhnya,” kata dia setelah Austria memastikan tempat kedua dalam Grup C di bawah Belanda, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga  Frank de Boer Undur Diri Dari Kursi Pelatih Timnas Belanda

Di babak 16 besar, Austria sudah ditunggu lawan kuat yakni Italia. Gli Azzurri lolos ke fase knock-out dengan poin sempurna, sembilan, dan tak sekalipun kebobolan dalam tiga laga yang dijalani.

Meski demikian, Alaba tak merasa kecil hati sedikitpun. Dia tak menampik Italia tim yang bagus, tetapi fakta itu tak cukup untuk menghalangi mimpi besar Austria di Euro 2020.

“Kami melihat bagaimana Italia bermain dalam fase grup tetapi di Wembley, itu akan luar biasa. Kami di sini untuk bermimpi dan semuanya mungkin terjadi,” tutur Alaba.

Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 antara Italia vs Austria akan berlangsung pada 27 Juni mendatang. Stadion Wembley, London, akan jadi venue pertandingannya.

Baca Juga  Pemburu Hewan Langka Unggah Foto ke Jejaring Sosial, di Mana Polisi?

(red/suara)