Bawaslu Malut: Keterlambatan Dana Hibah Ganggu Pengawasan Pilkada Serentak

oleh -20 views

Porostimur.com, Ternate – Bawaslu Maluku Utara menghadapi kendala serius menjelang pelaksanaan Pilkada 2024. Hingga saat ini, pencairan dana hibah yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan dan pengawasan pilkada serentak, baik di provinsi maupun di kabupaten/kota masih mengalami keterlambatan.

Tercatat hanya Kabupaten Halmahera Tengah yang sudah seratus persen, sisanya sebagian besar dibawah enam puluh persen. Keterlambatan ini dapat mengganggu kesiapan Bawaslu dalam melaksanakan tugas pengawasan secara optimal.

Anggota Bawaslu Maluku Utara Suleman Patras, menyatakan keprihatinannya atas situasi ini.

“Keterlambatan pencairan dana hibah berdampak langsung pada kinerja kami dalam melakukan pengawasan dan berbagai kegiatan operasional lainnya. Padahal sesuai dengan ketentuan Permendagri Nomor 41 Tahun 2020 sudah seratus persen realisasinya. Kami berharap pemerintah daerah dapat segera merealisasikan seluruhnya agar Pilkada tidak terganggu,” ujar Suleman di Ternate, Senin (8/7/2024).

Baca Juga  Didukung Perindo, Elang Usung Tagline Lanjutkan Pembangunan Halmahera Tengah

Menurut Suleman, keterlambatan ini juga menimbulkan kekhawatiran terkait honorarium bagi petugas ad hoc yang akan bertugas selama Pilkada.

“Petugas kami sangat mengandalkan honorarium tersebut, dan tanpa dana yang memadai, mereka mungkin tidak bisa bekerja dengan optimal,” tukasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.