Ini 10 Hak dan Kewajiban Suami Kepada Istri Menurut Islam

oleh -38 views

Dalam ajaran Islam, segala aspek dalam kehidupan manusia di dunia telah diatur sebaik mungkin, termasuk hubungan antara suami istri. Islam mengajarkan hak dan kewajiban bagi suami terhadap istri, begitupun sebaliknya.

Hal ini dilakukan agar hubungan keduanya tetap harmonis, saling menghormati, dan mencerminkan rahmat serta kasih sayang Allah SWT. Perlu diingat, hak dan kewajiban suami terhadap istri tak bisa dipisahkan, sebab keduanya saling berkaitan dan melengkapi.

Sayangnya, sering kali hubungan suami istri jadi kurang harmonis karena masih keliru mengenai hak dan kewajiban. Padahal, kalau keduanya saling terpenuhi tentu akan menciptakan rumah tangga yang tentram.

Lantas, apa saja hak dan kewajiban suami terhadap istri dalam rumah tangga? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Baca Juga  Warga Gita yang Terseret Banjir, Ditemukan Meninggal Dunia di Perairan Makeang

Perlu diingat, suami harus memenuhi hak istri dan istri juga harus menjalankan kewajiban suami. Apabila salah satunya tidak melaksanakan hak dan kewajiban tersebut, maka bisa memicu masalah dalam rumah tangga.

Berikut hak dan kewajiban suami kepada istri sesuai ajaran Islam:

1. Mahar

Mahar atau maskawin merupakan pemberian wajib berupa uang atau barang dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Hal ini agar sang istri merasa senang dan ridha terhadap kepemimpinan sang suami selama berumah tangga.

No More Posts Available.

No more pages to load.