Kisah Nu’aiman, Sahabat yang Jenaka dan Gemar ‘Menjebak’ Rasulullah SAW

oleh -21 views

Rasulullah SAW memiliki seorang sahabat yang berwatak jahil dan gemar bergurau. Ialah Nu’aiman yang bernama lengkap Nu’aiman bin Ibnu Amr bin Raf’ah. Nu’aiman juga merupakan salah satu sahabat yang ikut serta menjadi bagian pasukan Islam ketika Perang Badar.

Dinukil dari Kisah-kisah Inspiratif Sahabat Nabi karya Muhammad Nasrulloh, saking seringnya ia bertingkah lucu dan membuat orang tersenyum, Rasulullah SAW meriwayatkan kelak Nu’aiman akan masuk surga dengan tersenyum.

Mengutip Saring Sebelum Sharing karya Nardisyah Hosen, Nu’aiman pernah mengerjai Rasulullah SAW. Berikut kisahnya.

Suatu hari, Nu’aiman mendatangi Rasulullah SAW dengan membawakan buah-buahan sebagai hadiah. Tidak lama setelahnya, datanglah seorang penjual buah. Ia menagih uang pembayaran buah-buahan yang dibawa Nu’aiman kepada Rasulullah SAW.

Baca Juga  Maspaitella Melantik Panitia Sidang Sinode Ke-39 GPM

Rasulullah SAW yang terkaget pun bertanya kepada Nu’aiman, “Bukankah engkau menghadiahkan buah-buahan ini kepadaku?”

Ternyata, Nu’aiman berutang terlebih dahulu kepada penjual buah tersebut. Ia berkata kepada penjual buah, “Bebankan tagihan buah-buahan ini atas nama Rasulullah SAW”.

Nu’aiman pun menjawab pertanyaan Rasulullah SAW, “Benar, ya Rasulullah. Aku sungguh ingin memakan buah-buahan ini bersamamu, tetapi aku sedang tidak memiliki uang.”

No More Posts Available.

No more pages to load.