KPK Ajak Unpatti Cetak Lulusan Berhati Pattimura

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak segenap sivitas akademika Universitas Pattimura (Unpatti) untuk mencetak lulusan Upatti yang memiliki integritas tinggi dan ketika masuk ke dunia kerja tidak mudah tergoda korupsi.

Hal ini disampaikannya dalam kesempatan memberikan kuliah umum bertajuk “Penanaman Nilai-Nilai Integritas dan Antikorupsi dan Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi untuk Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Pejabat Universitas Pattimura, yang diselenggarakan secara daring dan luring, Kamis, (4/11/ 2021).

“Jangan sampai kampus hanya menjadi pabrik yang mencetak lulusan angkatan kerja yang mencari gaji tinggi,” tegas Ghufron.

Ghufron menyampaikan keprihatinannya atas data bahwa 86 persen koruptor merupakan alumni perguruan tinggi. Menurutnya, kampus seakan berlomba-lomba menjadi pabrik-pabrik pencari kerja dan pencari uang yang minus integritas.

“Karenanya, KPK mengajak sivitas akademika untuk melahirkan lulusan-lulusan yang tidak hanya cerdas dan terampil, tetapi juga memiliki hati laksana Pattimura yang cinta pada keadilan, cinta pada bangsa dan negara,” ujarnya.

Baca Juga  Produksi dan edarkan miras lokalan, DO diciduk polisi

Sehingga, kata Ghufron, pendidikan antikorupsi sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik khususnya mahasiswa sebagai bekal saat terjun ke dunia kerja. Sebab, kata Ghufron, pihaknya bisa jadi menangkap ratusan koruptor, tetapi menurutnya tidak akan sebanding dengan jumlah lulusan universitas yang mencapai ribuan tiap tahunnya, jika rendah integritasnya.

“Kami ingin mengajak membangun integritas dari dunia pendidikan. Karena pendidikan adalah sarana yang terbaik untuk menyemai bibit-bibit antikorupsi,” kata Ghufron.

Kehadiran KPK ke Unpatti, kata Ghufron, bukan hanya untuk menitipkan integritas pada mata kuliah. Menurutnya, tidak apa jika kampus belum memiliki mata kuliah antikorupsi, tapi dia berpesan untuk mengajarkan kejujuran.

“Karena kejujuran itu inti dari integritas,” tegas Ghufron.

Baca Juga  Buntut Ketum PG, Tinggapy Akui Keretakan Dengan Umasugi

Sebelumnya, dalam sambutannya Rektor Unpatti Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, SH., M.Hum menyampaikan bahwa Unpatti saat ini belum memiliki mata kuliah antikorupsi. Tetapi, nilai-nilai antikorupsi telah diinsersikan ke dalam beberapa mata kuliah. Dirinya juga sependapat bahwa nilai-nilai integritas sangat penting untuk ditanamkan kepada peserta didik.

“Nilai-nilai ini membutuhkan suatu proses yang sebenarnya dimulai dari keluarga sampai ke perguruan tinggi, termasuk organisasi kemasyarakatan,” katanya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.