Laturua Sebut Anies Baswedan Capres, Arena Rakernas NasDem Riuh Tepuk Tangan

oleh -62 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat tepukan yang meriah tatkala namanya disebut para perwakilan DPW Partai NasDem yang diusung sebagai kandidat calon presiden (capres) dalam Rakernas 2022 Partai NasDem.

Pantauan media di lokasi rakernas Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Nama Anies Baswedan mendapatkan sambutan tepuk tangan dari para peserta yang hadir ketika namanya disebut.

“Sebagai bentuk rekomendasi dari Provinsi Maluku yang pertama Pak Anies Baswedan,” kata Ketua DPW Maluku, Hamdani saat bacakan hasil laporan di ruang rapat, Kamis (16/6/2022).

“Pak Anies, presiden,” sambut peserta diiringi tepuk tangan.

DPW Maluku menjadi, provinsi yang menyampaikan rekomendasi capres urutan ke 12. Di mana selain Anies, turut juga nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua MPR Rachmad Gobel, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Setelah Maluku, nama Anies kembali dijagokan sebagai kandidat capres oleh DPW NasDem Yogyakarta yang diwakili ketua DPW Partai NasDem DIY, Subardi dengan kembali mendapat sambutan tepuk tangan peserta.

“Yang kami rekomendasikan pertama, Andika Perkasa. Ini sesuai abjad ya. Kemudian Anies Baswedan, ketiga Ganjar Pranowo,” kata Subardi yang akrab disapa Mbah Bardi.

Baca Juga  Motor Bebek Belum Mati, Honda Revo 2022 Hadir dengan Warna Baru

“Dan dari kader kita sendiri, Pak Rachmad Gobel. Karena sudah dua kali berkunjung ke Yogya,” tambahnya.

Pembacaan rekomendasi calon presiden dari DPW ini masih berlangsung sampai dengan pukul 11.40 Wib, dilanjutkan setiap DPW masing-masing provinsi dengan maksimal usulan capres lima nama dan minimal tiga nama.

Selanjutnya, nama-nama itu dihimpun dan diserahkan kepada DPP sebagai usulan kandidat capres yang bakal diusung Partai NasDem pada pilpres 2024. Dalam acara ini juga turut dihadiri Ketua Umum Surya Paloh beserta jajaran DPP dan elite partai.

Sedangkan untuk sidang sendiri dipimpin Steering Committee Rakernas Nasdem diantaranya Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Wakil Ketua Umum Ahmad Ali, Anggota Majelis Tinggi DPP Partai NasDem Lestari Moerdijat, Sekjen Johnny G Plate dan struktural lainnya.

Sebelumnya, Partai NasDem telah resmi membuka kegiatan Rakernas 2022 dengan mengusung tema ‘Restorasi : Meneguhkan Politik Kebangsaan’ pada Rabu (15/6/2022).

Kegiatan ini salah satu agendanya adalah akan membuahkan tiga nama usulan calon presiden (capres) yang akan diberikan kepada DPP Partai NasDem, dari hasil musyawarah DPW, DPD, serta struktur sayap partai.

Baca Juga  Keliru, Persembahan Terbaru dari Goodtimes

Usul Rahmat Gobel

Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem tengah berlangsung hingga saat ini di Jakarta Convention Center, Kamis (16/6/2022). Dalam rapat tersebut, seluruh DPW dari berbagai daerah di tanah air terlihat mengajukan sejumlah nama untuk diusung dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Berdasarkan pantaua Liputan6.com, sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah terlihat mengajukan nama Rachmat Gobel untuk diusung sebagai calon Presiden dari Partai Nasdem.

 Beberapa DPW yang mengajukan nama Rachmat Gobel adalah DPW Partai Nasdem Sulawesi Selatan, DPW Partai Nasdem DI Yogyakarta, DPW Partai Nasdem Maluku, DPW Partai Nasdem Jawa Timur, DPW Partai Nasdem Sumatera Selatan dan DPW Partai Nasdem Sulawesi Teggara. 

“Kader kita itu penting,” kata Ketua DPW Partai Nasdem Sultra Alie Mazi, Kamis (16/6/2022).

Senada dengan Alie, Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel, Herman Deru mengatakan bahwa dirinya ingin mengusung calon presiden ‘berdarah biru’ (warna identik Partai Nasdem), atau dengan kata lain ia ingin mendukung penuh orang dari internal Partai Nasdem, dan satu-satunya figur yang cocok adalah Rachmat Gobel. 

“Yang kami inginkan adalah figur yang tak terkontaminasi partai lain. Jangan pilih yang sudah menjadi milik partai lain. Harus darah biru,” ucap Herman Deru. 

Baca Juga  Kapal Selam Nuklir AS Tiba-tiba Muncul di Guam, Ada Apa?

Usung Kader Sendiri

Di tempat yang sama, Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur, Hamdani Laturua menjelaskan pentingnya untuk mengusung kader dari internal partai adalah agar nantinya Partai Nasdem nantinya tidak merasak menang tapi kala. Ia menjelaskan maksud dari ucapan itu adalah karena tak ada figur dari internal partai yang dimunculkan. 

“Jangan sampai kita menang tapi merasa kalah. Itu terjadi saat kami mendukung kandidat dalam pemilihan gubernur, bupati, atau walikota,” kata Hamdani Laturua, ketua DPW Partai Nasdem Maluku, Kamis, 16 Juni 2022.

Banyaknya dukungan terhadap Rachmat Gobel pun membuat Ketua Sidang yang dipimpin oleh Willy Aditya meminta pengusaha asal Gorontalo itu berdiri. Sontak tepuk tangan dan terikana “Cahaya Dari Timur” pun menggema di Jakarta Convention Center. 

Selain nama Rachmat Gobel, sejumlah nama yang juga diajukan untuk menjadi Capres di 2024 mendatang adalah nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Syahrul Yasin Limpo dan Prananda Surya Paloh. 

 (red/liputan6/merdeka.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.