16 Provinsi Masuk Kategori Miskin Tahun 2024, Ada Maluku dan Jateng

oleh -89 views

Porostimur.com, Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa merinci ada 16 provinsi di Indonesia yang masih dalam kategori miskin pada 2024 mendatang, termasuk Jawa Tengah (Jateng) dan Lampung. 

Jika mengacu data Bappenas, tingkat kemiskinan di Jawa Tengah mencapai 9,5 persen sampai 10 persen. Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah diprediksi mencapai 5 persen hingga 5,4 persen.

Kemudian, tingkat pengangguran melampaui target nasional sebesar 4,26 persen hingga 4,96 persen.

Sementara itu, data Bappenas masih mencatatkan Papua dan Papua Barat dalam satu kesatuan.

“Di daerah, sasaran pembangunan provinsi di 2024 ada sekitar 16 dari 34 provinsi yang kami hitung karena Papua dan Papua Barat masih jadi satu. Di mana tingkat kemiskinannya relatif masih tinggi dibandingkan sasaran pembangunan pada 2024 yang akan datang,” tutur Suharso dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).

Baca Juga  Tegang! Kapal Filipina-China Tabrakan di Laut China Selatan

Suharso mencontohkan di Pulau Sumatra ada Aceh, Bengkulu, Sumatra Selatan, hingga Lampung yang masih masuk kategori provinsi miskin di 2024. Lalu, di Pulau Jawa ia mengatakan tingkat provinsi miskin masih cukup tinggi.

“Kemudian di Jawa masih cukup tinggi, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” bebernya.