Bertambah! PSU di Provinsi Maluku Jadi 58 TPS

oleh -336 views

Porostimur.com, Ambon – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku kembali mengeluarkan rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) di delapan kabupaten/kota. dari sebelumnya 52 tempat pemungutan suara (TPS, menjadi 58 TPS di seluruh Provinsi Maluku.

“Data ini terus kita update dan mengalami peningkatan untuk TPS yang direkomendasikan untuk dilakukan PSU. Sebelumnya 52 TPS, hari ini bertambah menjadi 58 TPS,” ujar Subair, Selasa (20/2/2024).

Mengenai kapan PSU akan dilaksanakan, Subair mengatakan, hal tersebut merupakan kewenangan KPU. Dan hingga hari ini pihak bawaslu kami belum menerima laporan terkait jadwal pelaksanaan PSU dari KPU Maluku.

Menurutnya, Bawaslu kabupaten/kota bersama jajaran terus melakukan kajian terhadap laporan dari pengawas TPS.

Link Banner

Dimana potensi PSU karena ada temuan dugaan kecurangan dan paling banyak yaitu KPPS melakukan pencoblosan surat suara sisa. Disamping itu, temuan lainnya karena pemilih yang tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) diberi ijin melakukan pencoblosan.

Baca Juga  Inspirasi Model Kebaya Muslim Modern untuk Hijabers

“Rekomendasi PSU ini sebagaimana tertuang dalam UU No.7 pasal 372,” jelasnya.

Ditambahkan, rekomendasi PSU tersebar di delapan kabupaten/kota di Maluku, kecuali Kota Tual, Kabupaten Buru Selatan, dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

No More Posts Available.

No more pages to load.