Festival Kapitan Jongker Dihelat Secara Virtual Akhir September

oleh -154 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Kapitan Jongker di Pulau Manipa, Kecamatan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan mengusung Tema “Romansa Patriotisme Masa Lalu, Memperkuat Nasionalisme Masa Kini,”yang direncanakan berlangsung dari tangggal 27 – 29 September 2021.

Pejabat Raja Negeri Tumalehu Barat, Yusnita Tiakoly menyampaikan bahwa walaupun pelaksanaan kegiatan dilaksanakan lebih banyak dilakukan secara daring seperti Seminar Nasional (Virtual) akan berlangsung pada 27 September dan Reccordin pagelaran Seni Budaya pada tanggal 28 September 2021 yang tetap akan memperhatikan dan berlakukan Protokol Kesehatan/CHSE dan peran serta masyarakat bagi peningkatan sector pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan ke SBB khususnya Pulau Manipa, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta mengedukasi tentang pentingnya sejarah leluhur.

Pelaksanaan kegiatan Festival Kapitan Jongker ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan tentang pentingnya sejarah leluhur, menyiapkan peran serta masyarakat Pulau Manipa agar dapat siap menyambut wisatawan dan menjadikan event yang di selenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku ini dapat menjadi pemicuan membangun Manipa sebagai salah satu Destinasi Wisata unggulan di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Baca Juga  IAIN Games Siap Lahirkan Atlet Muda

“Kami sudah melakukan berbagai persiapan menyongsong terselenggaranya kegiatan Festival Kapitan Jongker. Kesiapan-kesiapan tersebut diantaranya pembangunan dan penataan sejumlah sarana prasarana khusunya objek-objek yang merupakan jejak sejarah perjuangan Kapitan Jongker itu sendiri,” kata Yusnita.

Dirinya berharap, Keberhasilan dari kegiatan ini pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan pembangunan masyarakat diberbagai bidang dan yang terpenting adalah, melalui kegiatan ini kedepan akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di Pulau Manipa yang tidak hanya menyajikan objek wisata sejarah saja tetapi juga wisata bahari, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BPD Negeri Tumalehu Barat, Tojadin Salisi menyampaikan, terimakasihnya atas upaya Pemerintah Provinsi Kususnya Dinas Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat yang mau mengembangkan Kepulauan Manipa melalui Festival Kapitan Jonker.

Baca Juga  Jumlah ODP Covid-19 di Maluku Bertambah Jadi 96 Orang

“Kendati di tengah situasi pandemic Covid-19, namun upaya pemerintah dalam menggali dan mengembangkan potensi-potensi pariwisata baik wisata alam maupun wisata sejarah yang terus dilakukan Pemerintah guna memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat Pulau Manipa untuk itu patut kita semua memberikan dukungan,” ungkap Tojadin .

Nama dan sepak terjang Kapitan Jongker sendiri memang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya, namun perjuangan dari seorang Kapitan Jongker atau Joncker Jouwa de Manipa memang tercatat dalam sebuah akte VOC tahun 1664.

Kegiatan Festival Kapitan Jongker akan digelar dalam tiga sesi, yakni tanggal 27 September 2021 akan dilakukan Webinar Nasional Kapitan Jongker dengan manghadirkan sejumlah Narasumber diantaranya, Gubernur Maluku, Gubernur Banten, Rektor Universitas Pattimura, Rektor IAIN Ambon, Bupati Kabupaten SBB, Museum Maluku di negeri Belanda, Sejarawan dan Jurnalis.

Baca Juga  Poliandri Sedang Trend di Kalangan PNS, Apa Penyebabnya?

Tanggal 28 September akan dilakukan kunjungan on the spot oleh Pemerintah di Pulau Manipa yang dipusatkan di Desa Tumalehu Barat sekaligus pengambilan gambar visual di sejumlah objek jejak sejarah perjuangn Kapitan Jongker.

Pada hari terakhir tanggal 29 September, kegiatan Festival Kapitan Jongker akan menyuguhkan Pagelaran Seni dan Budaya Manipa, Virtual City Tour serta Pameran Hasil Pertanian dan UMKM. (keket)