Gelar 8 Sidang PHPU Hari ini, MK Buka Kotak Suara TPS di Wakasihu dan Hitu Lama

oleh -44 views

Porostimur.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), hari ini, Senin (3/6). Sebanyak delapan sidang terjadwal dengan beberapa agenda.

“Delapan sidang PHPU pada 3 Juni 2024,” tulis laman resmi MK seperti dikutip, Senin (3/6/2024).

Agenda terbagi dalam tiga sesi yang dimulai pukul 08.00 WIB dengan empat sidang paralel. Rinciannya, sidang MK akan membahas PHPU yang diajukan politikus Partai NasDem Ali Mazi, Partai Amanat Nasional, dan PDI Perjuangan.

“Acara mendengarkan keterangan saksi/ahli, memeriksa, dan mengesahkan alat bukti tambahan,” tulis keterangan MK.

Sidang keempat ialah PHPU yang diajukan Partai Golkar. Agendanya pembuktian lanjutan dengan pembukaan kotak suara dan penghitungan suara dari tempat pemungutan suara (TPS) 10 Desa Wakasihu dan TPS 12 Desa Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, serta mengesahkan alat bukti tambahan.

Baca Juga  Bermain di Film Lafran, Lala Karmela Sebut Banyak Dibantu Dimas Anggara

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Subair, mengatakan Partai Golkar mempersoalkan selisih suara antara Golkar dengan Partai Gelora untuk pengisian calon anggota DPRD Kabupaten Malteng, Daerah Pemilihan (Dapil) Malteng empat.  

“Di TPS 10 Desa Wakasihu, ada 51 surat suara yang ditemukan sudah tercoblos sebelum pencoblosan. Kemudian di TPS 12 Desa Hitu, ada penambahan jumlah suara ke Gelora. Makanya untuk pembuktian, MK menetapkan dilakukan pembukaan kotak suara,” jelasnya 

No More Posts Available.

No more pages to load.