Lantik Penjabat Gubernur Maluku, Tito Minta Awasi Pilkada Serentak

oleh -80 views

Porostimur.com, Jakarta –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melantik  Sadali Ie sebagai Penjabat (PJ) Gubernur Maluku. Dia memberi pesan untuk mengawasi setiap tahapan Pilkada serentak di wilayah Maluku, sebab ini jadi yang pertama sejak Indonesia merdeka. 

 “Setelah itu kita akan menghadapi agenda yang sangat penting, juga Maluku juga menjadi atensi. Pilkada pertama kali serempak seluruh Indonesia dalam sejarah bangsa ini dari tahun 45 belum pernah ada Pilkada serentak ini. Pilkada serentak di seluruh daerah termasuk juga provinsi kabupaten dan kota di Maluku,” ujar Tito dalam sambutannya saat melantik PJ Gubernur Maluku, Jumat (26/4/2024).

Mendagri Tito Karnavian menyebut Pilkada serentak punya potensi eskalasi konflik yang lebih rawan. Utamanya Maluku jadi daerah yang paling disoroti.

Baca Juga  Miliki Narkoba, Pasutri Pengusaha Kopra di Ambon Ditangkap Polisi

Selain Pilkada, tahapan sengketa pemilu memasuki pembahasan sengketa legislatif yang juga perlu mendapat pengawasan dari konflik antar pendukung.

Mendagri, Tito Karnavian melantik Sadali Ie yang sebelumnya menduduki jabatan pelaksana tugas harian (Plh) Gubernur Maluku. Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 51/Tahun 2024 tentang pengesahan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur serta pengangkatan Penjabat Gubernur Maluku.

No More Posts Available.

No more pages to load.