Siklus Haid Tidak Teratur? Coba Atasi dengan 5 Kiat Ini

oleh -23 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Siklus haid atau menstruasi umumnya memiliki periode antara 24-38 hari, dengan masa pendarahan selama 2-8 hari. Demikian seperti yang dikutip dari webmd.com. Namun, tak sedikit perempuan yang mengalami masalah pada siklus haidnya.

Siklus haid dapat dikategorikan tidak teratur jika menunjukkan ciri-ciri seperti periode dimulainya haid berubah-ubah, kadang terlalu cepat dan kadang terlalu lama. Selain itu darah yang keluar saat haid lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya. Ditambah lagi masa terjadinya pendarahan pun bisa jadi ikut tidak menentu.

Kalau kamu merasakan ciri-ciri tersebut, mungkin saat ini siklus haidmu sedang tidak teratur. Agar siklus haid kamu kembali normal, coba praktekkan 5 kiat berikut ini!

Baca Juga  Sejumlah Menteri Akan Hadir di MUSWIL III KAHMI Malut

1. Mengatur Agar Waktu Tidur Tercukupi

Tidur cukup untuk atasi haid tidak teratur
Tidur cukup untuk atasi haid tidak teratur/Foto: Freepik/drobotdean

Waktu tidur yang tercukupi merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh, termasuk siklus haid tidak teratur. Waktu tidur yang terganggu diketahui dapat menyebabkan hormon dalam tubuh tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon tersebut dapat memicu siklus haid menjadi tidak teratur.

2. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga atasi haid tidak teratur
Olahraga atasi haid tidak teratur/Foto: Pexels/Cottonbro

Waktu tidur yang cukup saja belum cukup jika tidak diimbangi dengan olahraga rutin. Dokter Tiffany Lester dari Parsley Health San Fransisco mengatakan bahwa, olahraga membantu mengeluarkan racun lewat keringat yang keluar, menyeimbangkan kadar gula darah, dan mengurangi kortisol, demikian seperti dilansir dari parsleyhealth.com. Olahraga juga diketahui dapat mengurangi kadar stres yang dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Baca Juga  Siswa Madrasah Aliyah Waisakai Bertaruh Nyawa untuk Sekolah

3. Konsumsi Makanan Fermentasi

Makanan hasil fermentasi seperti tempe atau kimchi dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada pencernaan kamu.

“Bakteri baik tersebut akan menyeimbangkan estrobolome, yakni enzim yang dapat membantu metabolisme estrogen pada usus,” kata Dr. Lester. Ia juga menambahkan bahwa estrogen yang seimbang akan membuat siklus haid kamu jadi lebih teratur.

4. Masukkan Sayur-sayuran pada Menu Makanmu

Sayuran baik untuk atasi haid tidak teratur
Sayuran baik untuk atasi haid tidak teratur/Foto: Pexels/Yaroslav Shuraev

Selain makanan fermentasi, Dr. Lester juga menyampaikan pentingnya mengonsumsi sayuran. Sayuran-sayuran yang berwarna hijau gelap, mengandung komponen DIM yang bisa menyeimbangkan hormon. Komponen DIM tersebut juga akan membantu metabolisme estrogen dan menurunkan resiko kanker.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Pendidikan SESPIMTI POLRI & PPRA LXII Lemhanas RI serta PKN Tingkat I LAN RI T.A. 2021

5. Penuhi Kebutuhan Serat

Makanan berserat untuk atasi haid tidak teratur
Makanan berserat untuk atasi haid tidak teratur/Foto: Pexels/DS Stories

Serat merupakan zat gizi makro yang menjadi kunci untuk mempertahankan siklus haid tetap teratur. Makanan yang mengandung cukup serat seperti sayuran, buah beri, dan gandum utuh, akan melancarkan pengolahan estrogen pada pencernaanmu.

Nah, 5 kiat di atas bisa kamu coba untuk mengatasi haid tidak teratur. Jika keluhanmu masih terus berlanjut, jangan tunda untuk melakukan konsultasi medis ya.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.