Tekuk Makedonia Utara 3-0, Belanda Sempurna di Grup C

oleh -114 views
Link Banner

Porostimur.com | Amsterdam: Belanda masih melanjutkan performa sempurna setelah menghantam Makedonia Utara 3-0 guna lolos ke babak 16 besar Euro dengan status juara Grup C.

Pada laga di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (21/6/2021) malam WIB, Georginio Wijnaldum menyumbangkan dua gol bagi Belanda dan satu gol lagi dicetak Memphis Depay.

Dengan kemenangan tersebut, Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status sebagai juara Grup C dengan mengumpulkan sembilan poin dari tiga laga. Sementara Makedonia Utara tersingkir tanpa poin.

Sementara Austria menemani Belanda lolos sebagai runner up Grup C dengan mengumpulkan enam poin. Sedangkan Ukraina harus puas di posisi ketiga dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Meski Belanda lebih dulu mengancam namun Makedonia Utara sempat mencetak gol pada menit kesembilan. Gol dicetak oleh Ivan Trickovski memanfaatkan bola dari Goran Pandev sebelum menaklukkan Maarten Stekelenburg dengan sepakan mendatar.

Baca Juga  Austria Catat Sejarah, Belanda Menang Dramatis

Namun gol tersebut dianulir oleh wasit setelah dia lebih dulu ada dalam posisi offside saat menerima bola dari Pandev. Trajkovski masih melanjutkan ancamannya namun kali ini tendangannya masih membentur mistar gawang.

Belanda akhirnya balik menyerang dan unggul 1-0 lewat gol Memphis Depay di menit ke-24. Gol tersebuty dicetak berawal dari sebuah serangan balik dan Depay menjebol gawang Makedonia lewat sepakan kaki kirinya setelah melakukan kerja dengan Donyell Malen.

Kembali Depay memiliki peluang di menit ke-30 setelah menyambut bola liar di luar kotak penalti namun bola masih membentur pemain lawan. Sementara Makedonia Utara mencoba menekan Belanda namun tidak ada gol tercipta hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-50, Matthijs de Ligt mengancam lewat sundulannya setelah menyambut bola hasil sepak pojok namun masih dapat dihalau oleh kiper Trickovski.

Baca Juga  Sudah 11 Negara Lolos ke 16 Besar, Portugal dan Spanyol di Ujung Tanduk

Pada menit ke-51, Belanda memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Gol tersebut dicetak oleh Georginio Wijnaldum lewat sepakan kaki kirinya setelah menyelesaikan umpan tarik yang dilakukan Depay dari sisi kiri.

Tujuh menit berselang, Belanda semakin menjauh meninggalkan Makedonia Utara setelah Wijnaldum mencetak gol keduanya. Ia mampu memanfaatkan bola muntah dari tendangan Depay yang ditepis oleh Dimitrievski.

Pada menit ke-61, Wijnaldum hampir mencetak hat-trick jika saja tembakan kaki kanannya tidak melambung di atas mistar gawang. Frenkie de Jong juga memiliki peluang namun bola masih membentur mistar gawang

Pada menit ke-73, Churlinov sempay mencetak gol namun kembali wasit menganulir gol Makedonia Utara karena lebih dulu offside. Sementara Belanda masih melanjutkan tekanannya namun hingga akhir laga skor tetap tidak berubah 3-0.

Baca Juga  2 hari hilang di hutan, Lambantir ditemukan meninggal

Dalam pertandingan ini, pemain Makedonia Utara Goran Pandev mendapatkan penghormatan guard of honour dari rekan-rekan satu timnya ketika digantikan sepuluh menit kemudian.

Laga melawan Belanda ini memang merupakan laga terakhirnya dalam kancah internasional setelah menyatakan mundur dari timnas akhir pekan lalu.

Susunan Pemain

Makedonia Utara: Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Visar Musliu, Darko Velkoski, Ezgjan Alioski; Arijan Ademi (Nikolov 79′), Enis Bardhi (Stojanovski 78′); Ivan Trickovski (Churlinov 56′), Eljif Elmas, Aleksandar Trajkovski (Hasani 69′); Goran Pandev (Kostadinov 69′)

Belanda: Maarten Stekelenburg; Daley Blind, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij (Timber 46′); Patrick van Aanholt, Ryan Gravenberch, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong (Gakpo 79′), Denzel Dumfries (Berghuis 46′); Memphis Depay (Weghorst 66′), Donyell Malen (Promes 66′)

(red/suara)

No More Posts Available.

No more pages to load.