Akademisi UII Nilai Prabowo-Gibran Terancam Tak Lolos Putaran Kedua

oleh -35 views

Porostimur.com, Yogyakarta – Pengamat Politik Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Suparman Marzuki menilai pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terancam tak lolos putaran kedua Pilpres 2024. Ini lantaran gelombang protes terus bergulir, baik dari masyarakat maupun sivitas akademika.

Suparman menilai gelombang protes tersebut berpotensi membuat elektabilitas Prabowo-Gibran jeblok. Dia juga menilai saat ini ada keresahan yang luar biasa sedang dialami Presiden Joko Widodo.

“Presiden Jokowi dengan pasukannya dan calonnya memang sedang dilanda keresahan besar akibat pernyataannya sendiri,” terangnya.

Suparman menjelaskan, pernyataan tersebut soal isu Pilpres 2024 selesai satu putaran. Sementara calon yang bersaing saat ini diketahui ada tiga pasangan.

“Satu putaran, yang kedua khawatir dua putaran. Yang ketiga jangan-jangan tak masuk putaran kedua. Atau yang paling moderat angkanya nggak signifikan,” tegas Mantan Ketua Komisi Yudisial ini.

Menurut Suparman, Prabowo-Gibran diketahui paling jor-joran soal dana kampanye dibanding paslon lainnya. “Sudah keluarkan duit triliunan, sudah turun langsung Sang Presiden. Justru lebih aktif (kampanye) Jokowi ketimbang Prabowo, ketimbang Gibran,” tegasnya.

Namun aktif turun tangannya Jokowi ini dinilai belum tentu berdampak positif pada perolehan suara Prabowo-Gibran. Karena selalu muncul reaksi penolakan dari masyarakat.

“Hasilnya nggak signifikan. Itu menggerogot habis kepercayaan diri sekaligus citra. Sudah keluarkan sumber daya segitu besar, hasilnya segitu doang,” imbuhnya.

Baca Juga  7 Rekomendasi Parfum Anak Sekolahan

Seperti diketahui lembaga pendidikan perguruan tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia serentak mengeluarkan protes saat ini. Protes tersebut berisi tentang terlalu banyak ikut campurnya Jokowi dalam menghadapi Pemilu 2024.

sumber: beritajatim

No More Posts Available.

No more pages to load.