Tingkatkan kualitas kaders, SC-MU  gelar Pelatihan Menulis

oleh -102 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ternate : Mengusung tema ”Pena dan Pergerakan” Sekolah Critis Maluku Utara (SC-MU), menggelar pelatihan menulis di aula UPTD Peternakan Kelurahan Sasa, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (19/1).

Dengan melibatkan 100 kader selama tanggal 18 hingga 19 Januari ini, kegiatan dmaksud mengandung materi berupa sistematika penulisan cerpen, sistematika penulisan sajak dan puisi, sistematika penulisan essay, sistematika penulisan opini dan sistematika penulisan karya Ilmiah.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelatihan, Laode Sahrul, menegaskan bahwa pelatihan menulis yang digelar SCMU ini baru pertama kali digelar sejak berdirinya orgnaisasi dimaksud.

”Olehnya itu, saat ini harus ditetapkan sebagai program tahunan internal organisasi Sekolah Critis. Dan Pelatihan Menulis akan dilakukan setiap tahun berjalan,” ujarnya.

Link Banner

Diharapkannya, pelatihan menulis perdana tersebut dapat menambah wawasan para kader dalam menulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan, serta memiliki sikap kritis yang tangguh.

Baca Juga  Proyek Pamsimas Mangole Tengah Terbengkalai

”Sebagai kader Sekolah Critis, sebagaimana syarat ber-Sekolah Critis yaitu Kuat Batulis, juga sebagai bentuk dari kelanjutan Pendidikan Critis pergerakan sosial lewat pena,” tegasnya.

Kesempatan yang sama, sastrawan Indonesia asal Maluku, Dino Umahuk, dalam pemaparan materinya menegatakan bahwa untuk menjadi penulis modal utama yang harus dimiliki adalah membaca.

”Kalau seseorang malas membaca, maka jangan pernah bermimpi untuk menjadi penulis. Apalagi menjadi penyair. Karena seorang penulis belum tentu penyair, tetapi seorang penyair sudah pasti penulis,” pungkasnya. (raks)