Penuhi Tenaga Kerja di Perusahaan, Disnaker Halsel Bakal Sediakan Pelatihan Alat Berat

oleh -382 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Guna menekan laju pengangguran, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disnaker) Halmahera
Selatan (Halsel) merencanakan salah satu program dengan menyediakan dua unit alat berat untuk fasilatas pelatihan.

Hal itu direncanakan Disnaker Halsel dengan melihat peluang dan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan beberapa perusahaan di wilayah pengoperasian di Halmahera Selatan.

Kepala Disnaker Halsel, Ilham Abubakar SH, Kepada wartawan Jumat (30/07/2021) membenarkan perencanaan tersebut akan diusulkan melalui

“Ini ada satu program yang akan kami gencot di tahun 2022. Untuk sementara ini kami melakukan koordinasi ke pihak perusahaan untuk menghibahkan alat berat, yang nantinya kami kerja sama dengan STP Labuha untuk mengembangkan potensi anak daerah di Halsel”, ujar Ilham.

Menurutnya, program yang direnacanakan tersebut pihaknya akan memaksimalkan untuk menyuplai tenaga kerja yang telah dilatih melalui program tersebut serta memiliki keahlian di bidang pertambangan.

Baca Juga  Oknum Pj Kades Lekosula Diduga Aniaya Warga yang Tolak Ajakan Jemput Paslon HT-Umar

Tak hanya itu, ilham kembali menyarankan kepada pihak akademi seperti STP Labuha agar dapat menyediakan jurusan tambahan yang dimana dapat menjawab kebutuhan tenaga kerja pada perusahaan di Halmahera Selatan seperti tata boga, operator alat berat bahasa mandarin.

“Saya juga perlu sarankan kepada Stp Labuha agar bisa membuka jurusan tambahan seperti jurusan tata boga kemudian operator alat berat dan bahasa mandirin. Karena lanjut ilham kita di Halsel masih cukup minim untuk penyediaan tenaga kerja yang sudah memliki skil di tiga item itu”, tuturnya

Ilhan sangat menyayangkan minimnya tenaga operator di Halmahera Selatan. “Karena di Halsel yang memiliki keahlian di tenaga operator masih sangat minim bahkan, dengan adanya penerimaan tenaga operator oleh perusahaan kita dengan jumlah yang banyak, kita di Halsel yang mendaftar hanya beberapa orang”, tandasnya.

Baca Juga  Satu Cuitan Trump Soal Tarif Impor Produk China Bikin Pasar Saham dan Minyak Dilanda Tsunami

Dirinya berharap program Disnaker dapat di akomodir oleh pihak terkait sehingga Disnaker dapat menyediakan tenaga kerja yang sudah dilatih mental dan keahliannya untuk menutup kebutan tenaga kerja di perusahaan khususnya putar daerah.

“Insya Allah diakomodir, sehingga di tahun 2022 kita sudah bisa membuka pelatihan alat berat dengan lama waktu pelatihan selama enam bulan”, harap Ilham. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.