Harita Nickel Komitmen Dukung Program Hilirisasi Nikel Pemerintah

oleh -35 views

Porostimur.com, Jakarta – Direktur Utama PT Trimegah Bangun Persada (Harita Nickel) Roy Arman Arfandy buka-bukaan soal langkah yang dilakukan perusahaannya dalam mendukung upaya hilirisasi tambang nikel yang dilakukan pemerintah.

Dalam Indonesia Green Energy Forum, Kamis (7/3/2024), Roy mengatakan perusahaannya sangat mendukung program hilirisasi ini. Dukungan salah satunya diberikan dalam bentuk guyuran investasi pembangunan pabrik smelter di Pulau Obi, Halmahera Selatan.

“Kami sudah investasi Rp50 triliun untuk membangun smelter yang memproduksi feronikel, bahan baku stainless steel ” ujar Roy dalam Indonesia Green Energy Leadership Forum bertema ‘Hilirisasi Indonesia’, Kamis (8/3/2024) kemarin.

Ia mengatakan smelter yang dibangun Harita itu merupakan pionir atau perintis hilirisasi nikel. 

“Ini artinya kami sudah melangkah jauh dibandingkan yang lain,” katanya. 

Baca Juga  Calon Anggota DPRD Terpilih Halsel Bakal Dilantik November 2024

Ia menambahkan smelter itu sudah memberikan manfaat besar bagi perekonomian Indonesia. Smelter berhasil mengolah tak hanya nikel bermutu tinggi, tapi juga rendah yang dulu sering dibuang karena tak terpakai dalam proses produksi menjadi bahan baku baterai motor listrik.

“Jadi dengan itu, sekarang Indonesia sudah melangkah lebih maju karena sudah ada 3 produsen salah satunya Harita Nikel yang mampu memproses nikel lanjutan dari Mix Sulphide Precipitate (MSP) menjadi nikel sulfat, kobalt sulfat yang kemudian kita ekspor,” katanya. 

No More Posts Available.

No more pages to load.