Jaksa Kembalikan Berkas Dugaan Pelanggaran Kampanye TKD Prabowo-Gibran ke Polres Buru

oleh -78 views

Porostimur.com, Namlea – Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Negeri (Kejari) Buru mengembalikan berkas tiga tersangka dugaan tindak pidana Pemilihan Umum (Pemilu) terkait pelanggaran kampanye, Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subiyanto-Gibran Rakabuming Raka, kepada tim penyidik Polres Pulau Buru, pada Senin, 14 Januari 2024.

Ketiga tersangka tersebut yakni Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Buru M. Rum Soplestuny, Ketua Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Kabupaten Buru Abubakar Karepesina, dan Taher Fua yang merupakan kader Partai Golkar.

Ketiga politisi ini ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Ketetapan, Nomor: S. Tap/03/I/RES.1.24/2024/ Reskrim, terkait kasus pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo-Gibran Kabupaten Buru, pada 28 November 2023 lalu, di Kota Namlea.

Rum Soplestuny yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru, merupakan Ketua TKD Koalisi Indonesia Maju Prabowo-Gibran Kabupaten Buru.

Humas Kejari Buru Gustian Winanda, mengatakan,terkait kasus tersebut, telah dilimpahkan berkas Tahap I oleh penyidik Reskrim Polres Pulau Buru pada 12 Januari 2024 lalu, untuk diteliti oleh tim penuntut umum Kejari Buru.

“Iya, jadi dari tim penyidik hari Jumat kemarin sudah mengirimkan berkas tahap satu. Dari berkas tersebut, tim penuntut umum dari Kejari Buru memiliki waktu tiga hari  untuk meneliti formil dan materilnya, apakah sudah lengkap atau belum,” ucap Gustian, mengutip BeritaKotaAmbon, Selasa (16/1/2024).

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Buru itu menjelaskan, setelah diteliti oleh JPU, berkas ketiga tersangka dikembalikan kepada penyidik, dengan sejumlah petunjuk untuk dilengkapi.

“Terkait dengan tiga perkara Gakumdu itu. Itu tiga-tiganya ada petunjuk dari tim Jaksa peneliti yaitu P19. P19 itu pertanggal hari Minggu kemarin. Jadi sementara ini, berkasnya dikembalikan untuk dilengkapi,” tegasnya.

Gustian bilang, tiga politikus itu disangkakan terkait pelanggaran kampanye yang dilaksanakan di tempat yang dilarang untuk melaksanakan kampanye. “Dugaannya pelanggaran kampanye di tempat yang dilarang dilakukan kampanye,” pungkasnya. 

Baca Juga  Ratusan Polisi Amankan Pleno KPU Halsel

Untuk diketahui, ketiga tersangka merupakan calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Buru pada Pileg 2024. Mereka diduga melakukan tindak pidana pelanggaran Pemilu, karena melaksanakan kampanye di lingkungan pendidikan atau sekolah.

Diketahui, pada 28 November 2023 lalu, Tim TKD Prabowo-Gibran Kabupaten Buru melaksanakan kampanye perdana bertajuk “Revolusi Putih” dengan membagikan susu gratis untuk siswa di lima Sekolah Dasar (SD) di Kota Namlea, Kabupaten Buru.

Kelima sekolah tersebut yakni SD Negeri 1 Namlea, SD Al-Hilal 1 Namlea, SD Negeri 3 Namlea, SD Negeri 7 Namlea dan SD Negeri 5 Namlea.

Kasus ini sesuai dengan Laporan Polisi, Nomor: LP/ B/110/XII/2023/ SPKT/ Polres Pulau Buru/ Polda Maluku, tanggal 30 Desember 2023. Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 521 jo Pasal 280 ayat (1) huruf h Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum jo Pasal 72 ayat (1) huruf h ayat (1a) Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 20 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum. 

Baca Juga  KPK Akan Minta Klarifikasi Bahlil Terkait Izin Tambang Nikel di Malut

Adapun sanksi pidana melakukan kegiatan kampanye yang menggunakan fasilitas negara, tempat pendidikan dan tempat ibadah untuk berkampanye dapat dipidana berdasarkan Pasal 521 UU Pemilu yang berbunyi:

Setiap pelaksana, peserta, dan/atau tim Kampanye Pemilu yang dengan sengaja melanggar larangan pelaksanaan Kampanye Pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c, huruf d, huruf e, huruf f, huruf g, huruf h, huruf i, atau huruf j dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp24.000.000. (red/bka)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.