Diduga Korupsi Ratusan Juta, Kades Pulau Gala di Diadukan ke Inspektorat Halsel

oleh -225 views
Link Banner

Porostimur.com, Labuha – Masyarakat Desa Pulau Gala, Kecamatan Kepulauan Joronga mengadukan kepala desanya ke Inspektorat Halmahera Selatan karena dianggap lalai menjalankan tugas dan tidak amanah.

Warga menuding Kepala Desa Sunarto Hi. Bongso menilep dana desa tahun anggaran 2019-2020 bernilai ratusan juta rupiah.

Ketua BPD Desa Pulau Gala Maskun Muzakir ditemui Porostimur.com, Jumat (2/12/2022) mengatakan dirinya bersama perwakilan masyarakat Desa Pulau Gala kembali mengadukan kepala desanya yang dianggap telah merugikan masyarakat dan negara.

Menurut Maskun masyarakat manaruh kecurigaan Kades Sunarto melakukan tindak pindana korupsi sebesar Rp 800 Juta lebih pada tahun 2019-2020.

“Jadi pengaduan sudah kami lakukan tahun lalu 2019 sampai dengan tahun 2021. Di mana dalam pengaduan kami menganggap ada beberapa item kegiatan yang salah digunakan yaitu terkait dengan Instalasi listrik, yang anggarannya kurang lebih Rp. 420 juta dan belanja PKK Rp. 30 Juta serta gedung serba guna yang sudah dianggarkan tahun 2018 lalu dan di anggarkan tiga kali berturut – turut senilai Rp.100 juta lebih namun pembangunan belum selesai,” papar Maskun.

“Hari ini juga kami datang untuk mempertanyakan hasil temuan yang diaudit tahun 2021 dan informasi yang kami terima disampaikan pihak Inspektorat ada temuan yang nilainya di atas Rp. 500 juta,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Ketua BPD Maskun bersama perwakilan masyarakat Yusnan Muhdin juga turut mempertanyakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II tahun 2022 yang belum juga disalurkan kepada penerima BLT Desa Pulau Gala

Maskun menegaskan dalam waktu dekat bakal memasukkan laporan dan aduan secara resmi ke Inspektorat Halsel. “Karena sebatas mempertanyakan hasil audit dan sudah ada informasinya jadi minggu depan akan kami buat laporan resmi ke Inspektorat,” tegasnya.

Maakun berharap Pemkab Halmahera Selatan melalui Inspektorat Halsel dan aparat penegak hukum dapat menindak serta memproses Kades Sunarto sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami harap Pemda Halsel dan penegak hukum dapat memproses permasalahan ini bila perlu kepala desa seperti itu harus diberhentikan atau dicopot dari jabatannya,” tutup Maskun. (Adhy)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.