Gunung Gamalama Alami Peningkatan Kegempaan, Warga Ternate Diminta Waspada

oleh -46 views

Porostimur.com, Ternate – Gunung Gamalama di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, sejak Rabu (17/4/2024) hingga Kamis (18/4/2024) sore mengalami peningkatan kegempaan.

Dari data yang terekam di Pos Pengamatan Gunung Gamalama terus mengeluarkan asap putih tebal dari kawah gunung dengan ketinggian mencapai hingga 100 meter.

Alat perekam mencatat sejak Rabu mengalami embusan sebanyak 117 kali dengan amplitudo 3 sampai 6 milimeter, dengan lama durasi 6.94-17.2 detik. Sementara itu untuk gempa vulkanik dalam berjumlah 25 kali, tektonik lokal 1 kali, dan tektonik jauh berjumlah 19 kali.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Dedi Nurani menjelaskan, gunung dengan ketinggian 9.715 meter dari permukaan laut kini berstatus waspada level dua.

Baca Juga  Dilantik Sebagai Penjabat Bupati SBB, Ini Kesiapan Jais Ely Sebelum Bertugas

“Dari pukul 16 di jam 6 sore WIT kemarin Gamalama mengalami peningkatan kegempaan terjadi sampai lebih dari 100 kali kejadian gempa embusan juga terjadi gempa vulkaniknya. Itu mengindikasikan terjadi aktivitas magma di tubuh Gunung Gamalama,” ungkap Dedi Nurani, dikutip Jumat (19/4/2024).

Dia menegaskan meski aktivitas Gunung Gamalama tidak berkaitan dengan lerusan gunung Ruang di Sulawesi Utara, tetapi masyarakat diimbau tetap meningkatakan kewaspadaan dan tidak berada pada radius 1.5 kilo meter dari kawah gunung.

No More Posts Available.

No more pages to load.