Pastikan Penerapan Prokes Covid-19, Menhub Tinjau Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

oleh -11 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (6/22021). Ia ingin memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Budi Karya mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pengawasan untuk memastikan seluruh sarana dan prasarana transportasi, khususnya di Pelabuhan Yos Sudarso telah melakukan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya ingin pastikan seluruh protokol kesehatan sudah berjalan dengan benar dan baik. Saya lihat protokol kesehatan di Pelabuhan Yos Sudarso sudah diterapkan dengan baik seperti penyediaan alat ukur suhu tubuh, tersedianya hand sanitizer dan seluruh penumpang maupun pekerja di pelabuhan memakai masker,” ucapnya.

Budi Karya menyebut, pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon telah terbentuk dengan baik. Pelabuhan itu telah dilengkapi fasilitas standar pelindung dari paparan virus Covid-19.

Menhub mengatakan, dia terus melakukan pengawasan di seluruh fasilitas dan sarana transportasi publik. Pengecekan berkala itu dilakukan untuk memastikan bahwa pelabuhan di daerah-daerah juga menerapkan prokes ketat. Dengan begitu, pelabuhan-pelabuhan tidak menjadi kluster penularan Covid-19.

Baca Juga  Cinta Datang Tak Tepat Waktu

“Saya ingin pastikan seluruh protokol kesehatan sudah berjalan dengan benar dan baik. Saya lihat protokol kesehatan di Pelabuhan Yos Sudarso sudah diterapkan dengan baik seperti penyediaan alat ukur suhu tubuh, tersedianya hand sanitizer dan seluruh penumpang maupun pekerja di pelabuhan memakai masker,” kata BKS, sapaan akrabnya.

Dalam kunjungannya, Mantan Dirut PT Jakarta Propertindo itu meninjau area-area potensial terjadinya penumpukan orang. Misalnya melihat langsung terminal penumpang, kapal angkutan barang, kapal peti kemas dan juga sekaligus melihat kapal Pelni Doro Londa berlayar. Selain itu, Menhub juga mengunjungi Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon.

Pada kesempatan tersebut, Mantan Dirut PT Angkasa Puta II itu menginstruksikan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perhubungan Laut yang ada di Maluku untuk menjaga integritas. Dia juga meminta dukungan seluruh bawahannya untuk turut mendukung penuh pembangunan Pelabuhan Baru di Ambon.

Baca Juga  Ayah Bejat di Halbar ini Tega Cabuli Putri Kandungnya Sejak Tahun Lalu

“Saya meminta rekan-rekan yang bertugas di Maluku untuk turut mendukung pelabuhan baru yang akan dibangun di Ambon, yang nanti akan terintegrasi dengan lumbung ikan nasional. Saya minta dikerahkan seluruh upaya dan tenaga agar pembangunan tersebut berjalan lancar,” tambah Menhub.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo, Direktur Kepelabuhanan Subagiyo, Kepala KSOP Kelas I Ambon Jece Julita Piris, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Muhammad Malawat. (alena)